MUHASABAH (EVALUASI DIRI) DISAAT TURUN HUJAN

Pasti saat ini kita sedang merindukan sesuatu,merindukan suasana masa lalu, bahkan merindukan seseorang yang kamu cintai. Karena malam hari ini hujan turun membasahi bumi. Tahukah kamu, salah satu fakta tentang hujan? Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia utk meresonansikan ingatan masa lalu. Mengapa demikian? Didalam setiap rintik2 hujan, ada nada2 yang menghasilkan instrument lagu kerinduan. saat itu juga kita dibawa ke alam bawah sadar kita,menuntun perasaan kita untuk merasakan masa lalu yangbaik maupun yang buruk. (nyambung enggak ya???)

Ketika masa lalu sudah didepan mata kita perasaan terbawa olehnya, kita bisa tersenyum bahagia apabila masa lalu itu baik, Subhanalloh wal hamdulillah terus menerus mensyukuri nikmat yang telah diberikan Alloh pada masa lalu, Engkau telah memberikan masa lalu yang begitu indah dan akhirnya kita lebih banyak bersyukur. Dan kita bisa menangis bersedih dan menyesalinya apabila masa lalu itu buruk, Astaghfirulloh terus menerus kita ucapkan meminta ampun, menyesali dan malu bila mengingat perbuatan masa lalu yang buruk dan tidak ingin mengulanginya lagi. Dan selanjutnya kita lebih berhati-hati untuk melangkah kemasa depan agar tidak tergelincir lagi dalam perbuatan masa lalu yang buruk. Dalam bentuk rasa malu dan penyesalan yang begitu mendalam :

Tuhanku
Hamba yang hina ini menyadari tiada artinya diri ini di hadapanMU
Tiada Engkau sedikitpun memerlukan akan tetapi …
hamba terus menggantungkan segunung harapan pada MU

Tuhanku…………..baktiku tiada arti, ibadahku hanya sepercik air
Bagaimana mungkin sepercik air itu dapat memadamkan api neraka MU
Betapa sadar diri begitu hina dihadapanMU
Jangan jadikan hamba hina dihadapan makhlukMU
Diri yang tangannya banyak maksiat ini,
Mulut yang banyak maksiat ini,
Mata yang banyak maksiat ini…
Hati yang telah terkotori oleh noda ini…memiliki keninginana setinggi langit
Mungkinkah hamba yang hina ini menatap wajahMu yang mulia???

Nah disini aku memulai tahapan Muhasabah. Muhasabah : Yaitu evaluasi diri dan meningkatkan kualitas diri dengan selalu mengambil hikmah dari setiap sesuatu yang terjadi dalam diri kita. Dalam firmannya surat al-Hasyr : (59 : 18) “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu sekalian kepada Allah, dan hendaklah setiap diri, mengevaluasi kembali apa yang telah dilakukan untuk menata hari esok. Dan bertakwalah kamu sekalian kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan”. Cermin muhasabah yang paling baik adalah masa lalu, setiap individu memiliki masa lalu yang baik ataupun buruk, dan sebaik-baik manusia adalah selalu mengevaluasi dengan bermuhasabah diri dalam setiap perbuatan yang telah di lakukan. Sebagaimana pesan Sahabat Nabi Amirul Mukminin Umar bin Khottob : ” Evaluasilah (Hisablah) dirimu sebelum kalian dihisab dihadapan Allah kelak”

Pentingnya setiap diri kita menghisab perbuatan kita sendiri untuk selalu mengintrospeksi tingkat nilai kemanfaatan kita sebagai seorang hamba Allah Swt. yang segala sesuatunya akan dimintai pertanggungjawabannya diakherat kelak. Dan sebaik-baik kita sebagai hamba adalah yang dapat mengambil hikmah dari apa yang telah kita lakukan, lalu menatap hari esok yang lebih baik. Kenapa kita tidak manfaatkan malam ini dengan sebaik-baiknya untuk ber muhasabah, mengintrospeksi apa yang tellah kita perbuat, agar kita tidak disebut sebagai orang-orang yang rugi. Sebagaimana Dalam sebuah ungkapan yang sangat terkenal Rasulullah Saw bersabda, yang artinya : “Barang siapa yang hari ini, tahun ini lebih baik dari hari dan tahun yang lalu, dialah orang yang sukses, tapi siapa yang hari dan tahun ini sama hari dan tahun kemarin maka dia orang yang tertipu, dan siapa yang hari dan tahun ini lebih buruk dairpada hari dan tahun kemarin maka dialah orang yang merugi” Nah mari kita lakukan semua itu,mengingat-ingat mana yang kurang dan mana yang lebih. kalau saya pasti banyak yang kurang pastinya😦 Saya kira sampai disini dulu Muhasabah kita disaat hujan,karena hujan sudah reda kita sambung dilain waktu yang mungkin bukan saat hujan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat sampean dan kususnya saya sendiri….. Aminn

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: